20.02

Peluruh Karang VS Reiki


Peluruh karang mengapa menggunakan sistem energi?Apa ada hubungannya dengan aliran energi reiki didunia ini?
Peluruh Karang memang menggunakan istilah energi dan cakra juga lataif,karena pelajaran energi dan cakra-cakra sudah terlalu mendarah mendaging dalam pelajaran supranatural dan spiritual yang dipelajari masyarakat.Setiap orang pada jaman ini tentu lebih mudah memahami karena banyaknya cerita tentang tenaga dalam,reiki yang telah banyak dikenal dilingkungan masyarakat lewat buku,modul latihan,privat perguruan dll.Latihan peluruh karang adalah tekhnik yang berbeda dan hanya melengkapi kemudian mengarahkan energi yang diperoleh sesuai dengan spiritual islam.Peluruh Karang tidak menggunakan simbol-simbol tertentu dari tiap-tiap energi sebagaimana yang terdapat pada aliran reiki.Peluruh Karang bukanlah aliran reiki meskipun menggunakan sistem energi.Energi ilahiah yang diperoleh dari latihan adalah semata-mata karena pasrah dan tawakal dalam menggapai ridho Allah SWT.Peluruh Karang tidak mengenal jimat,rajah,wifik,di asmak atau pengisian(transfer energi)baik secara langsung maupun jarak jauh.Dan tidak menggunakan khodam dalam bentuk apapun.

Adapun Reiki berasal dari bahasa Jepang. Rei-Ki adalah gabungan dari kata Rei yang berarti alam semesta dan Ki berarti energi. Dengan kata lain Rei-Ki adalah energi alam semesta atau biasa disebut para praktisi Rei-Ki sebagai Energi Ilahi dan mempunyai tingkat getaran yang sangat tinggi juga energinya sangat halus dibanding energi Prana atau energi tenaga dalam lainnya.

Dibawah ini akan dijelaskan juga sejarah munculnya aliran-aliran Reiki di Dunia dengan keterlibatan makhluk halus didalamnya:

a. Usui Reiki



Ketika Dr.Mikao Usui bermeditasi selama 21 hari digunung Kurama ia tiba-tiba melihat banyak suatu bentuk cahaya yang mengitari dan masuk kedalam tubuhnya namun ia tidak mengatahui cahaya apa itu, namun ketika ia sakit perut karena telah berpuasa selama 21 hari ia memegang tangannya maka tiba-tiba tangannya panas dan merasakan ada yang mengalir dan sakit perutnya mereda juga pada saat ia berjalan dan kesandung batu hingga kakinya berdarah maka ia memegang kakinya dan penyembuhan terjadi. Dr.Mikao Usui juga sempat menyembuhkan seorang nyonya pemilik rumah makan yang sakit gigi. Hingga ia akhirnya sadar bahwa ia mendapat suatu kekuatan dalam penyambuhan dan akhirnya diajarkan pada murid-muridnya dan terbentuk aliran Reiki yang bernama Reiki Usui.

b. Seichem Reiki

Patrick Zeigler ia adalah seorang sukarelawan Pasukan perdamaian PBB 1978 di Yemen. Ketika Patrick pindah ke Mesir ia melihat piramida yang memang dikaguminya semenjak bangku kuliah, intuisinya mengatakan bahwa ia harus bermeditasi di dalam piramida. Ia tahu bahwa makam utama para raja Mesir kuno dibuat menurut perhitungan yang teliti. Akhirnya ia menemukan suatu cara memasuki ruang raja di dalam Piramid. Ketika menyelidiki bangunan Piramid ia menemukan semacam lorong kecil. Lalu diputuskan untuk melakukan meditasi di sana. Malam berikutnya ia mengira mendengar suara-suara para penjaga piramid mendatanginya. Ketika ia berniat bersembunyi, ternyata yang datang adalah makhluk bersinar dalam delapan pola melayang diatasnya. "This is why you have come" suara berat menginterogasinya. Lalu "srett" dadanya serasa dibelah, dan ketakutannya hilang dan ia mendengar kesunyian yang belum pernah dialami sebelumnya. Bahkan detak jantungnyapun terdengar jelas.

Di California, Patrick bertemu dengan Christine Gerber yang konon mampu melihat masa lampau. Ketika dalam keadaan trance, Christine kemasukan spirit (makhluk halus) bernama Marat, yang mengatakan bahwa apa yang dilakukannya adalah Seichem, bukan Reiki. Marat bahkan menambahkan sebuah simbol yang disebut infinity, yang ternyata banyak ditemui di kuburan para raja Mesir. Dengan penambahan simbol tersebut, ilmu yang dipelajarinya bernama Seichem.Dan akhirnya terjadilah suatu aliran sejenis dengan Reiki yaitu Seichem Reiki.



c. Lightarian Reiki



Pada tahun 1997, Christopher and Jeannine memperkenalkan "Lightarian Institute for Global Human Transformation" menyediakan informasi mengenai pengetahuan yang meliputi proses Human transformastion & Planetary transformation serta mempekenalkan modal energy untuk mendukung proses tersebut. Prinsipnya adalah memfokuskan pada spiritual serta mempersiapkan proses human transformation..

Pada bulan July 2000, mereka memperkenalkan "Center for Celestial Connections" yang mendukung para Lightworkers yang memperkenalkan dan attunement dengan para Ascended Masters (gelar untuk roh manusia suci yang telah mati yang berubah menjadi tubuh cahaya) berkomunikasi dengan para Angels (malaikat-malaikat) serta Celestials yang lain. Pada pertengahan tahun 1997 Jeannine Marie Jelm, wakil dari pendiri Lightarian Institute, Lightarian Reiki terinspirasi dari Jeannine men-channelkan (bertemu dengan Budha) dengan Ascended Master Buddha.

Ascended Master Buddha menawarkan Reiki dengan konsep yang baru untuk membersihkan memperjelas serta meningkatkan kemampuan untuk memahami Energy Reiki. Hingga lahirlah aliran Lightarian Reiki.

d. Shambala Reiki



Tahun 1995, telah diyakini oleh para praktisi Shambala Reiki bahwa Ascended Master Saint Germain datang lewat meditasi dan memberikan Attunement Shambala Reiki pada John Armitare atau lebih dikenal dengan nama Dr. Haridas Melchizedek, seorang tokoh spiritual & penyembuh yang sudah sangat dikenal di Eropa dan Amerika. Metode Penyembuhan Shamballa ini telah dipercayai mereka diturunkan ke bumi ini pada jaman Atlantis kuno, yang dipelopori oleh seorang yang sekarang dikenal sebagai Ascended Master Saint Germain. Shamballa bukan merupakan suatu metode penyembuhan saja, tetapi juga telah dikatakan merupakan suatu cara untuk mempercepat perkembangan spiritual praktisi. Setelah Atlantis tenggelam, metode penyembuhan ini juga hampir punah. Sebelum seluruh Atlantis tenggelam, Germain dan murid-muridnya pergi ke Tibet Kuno. Di tempat ini mereka mencoba meneruskan metode Shamballa ini untuk penyembuhan dan meningkatkan kesadaran spiritual manusia.

Dalam website Shambala Reiki dapat dilihat pernyataan roh halus Saint Germain
mengenai misi dia memberi Shambala Reiki sebagai berikut :

"SELAMAT DATANG DIDUNIA SHAMBALLA !"

Shamballa adalah karunia Tuhan yang diberikan melalui Saya, GERMAIN, kepada umat manusia.Shamballa bukan hanya suatu metode penyembuhan saja, dia adalah suatu jalan untuk mempercepat perkembangan kesadaran spiritual anda. Banyak tehnik-teknik dan cara-cara ditambahkan pada metode atau tehnik-teknik REIKI dari DR. Mikao Usui. Karena itulah metode ini kita namakan metode Shamballa.

Sekali anda sudah di - attune ke (Cahaya) Reiki, attunement itu akan anda miliki untuk selamanya. Di masa lalu anda sudah pernah di-attune Reiki dan anda sekarang berada pada masa dimana anda kembali  disadarkan akan kemampuan Reiki anda. Dengan menggunakan metode Shamballa pada diri sendiri maupun orang lain, anda akan mengalami pencerahan (en-lightened). Sebagian besar metode-metode Atlantis seperti Shamballa ini, sudah sejak ribuan tahun sirna dari planet Bumi ini.

Saya sekarang memberikan kembali kepada manusia tehnik-teknik yang pernah hilang tersebut. Planet Bumi selalu berubah, ber-evolusi dan menuju kepada kesempurnaan. Dia akan mengalami ini, dengan maupun tanpa anda. Anda bisa membantunya dengan mengalirkan healing energies dan energi Cinta Kasih Illahi padanya dan pada penduduk yang hidup diplanet ini. Ini akan membantu transisi-nya menjadi halus dan lancar. Tidak perlu terjadi goncangan-goncangan traumatis di-planet Bumi anda ini, bila anda langsung menapak jalan menuju Cahaya ( The Light).

Perjalanan anda dalam Cahaya ini akan menyebabkan anda mendapatkan kebebasan. Kebebasan dari ketakutan, kebebasan dari penyakit dan kebebasan dari kematian. Anda bisa, bila anda mau, menjadi abadi. Tubuh anda akan berubah menjadi Cahaya. Ini adalah hak anda sejak anda berada dibumi ini (Birth-right), karena itu ambillah kebebasan anda, menuju kesempurnaan. Sepanjang masa saya melayani anda.

- SAYA ADALAH ASCENDED MASTER GERMAIN -16 Maret 1996.



e. Tera Mai Reiki



Tera Mai Reiki, dikembangkan oleh Kathleen Milner, berasal dari Raku Kai Reiki, ditambah simbol dan prosedur attunement baru yang didapatkan dari "a higher being" yang dipercaya sebagai Satya Sai Baba. Kathleen Milner dengan Tera Mai Reiki mengaku punya hubungan spesial dengan lima mahluk halus yang juga seringbekerja sama dengan Marcy Miller (Tera-Mai Reiki Master) dalam memperoleh syimbol hingga disempurnakan tahun 1995 untuk menyempurnakan system Energi dan memberi nama Karuna Reiki.

f. Kundalini Reiki



Kundalini Reiki, dikembangkan oleh Olle Gabrielson. Didasarkan pada hasil meditasi chanelling dari Master Kundalini, yaitu Ascended Master Kuthumi. Aliran ini terdiri atas 9 level. Aliran ini mengklaim bisa  membangkitkan kundalini dengan aman, pembangkitan kundalini diberikan pada level 2.

g. Imara Reiki

Imara Reiki dikembangkan oleh Barton Wendel.Imara Reiki menempati Level ke-5 dari skala Reiki tradisional. Diyakini Energi dari Imara Reiki memiliki vibrasi yang kuat terhadap "Spiritual Being" (Ascended Master & Angels). Tradisi ini diyakini efektif untuk penyembuhan hal-hal yang berkaitan dengan masa lalu (Past Life), atau hal-hal yang berkaitan dengan Unconscious Mind (pikiran bawah sadar).



h. Violet Flame Reiki




Violet Flame Reiki dikembangkan oleh Ivy Moore dari hasil pertemuannya melalui meditasi dengan Dewi Kuan Im yang memberikan inisiasi Violet Flame padanya.Energi Violet Flame diyakini dapat menghubungkan seseorang dengan Ascended Master Dewi Kuan Im dan Mantra Kuan Shih Yin Pouwsat.

Dari penjelasan diatas,ada banyak lagi aliran-aliran Reiki yang didapat melalui inisiasi yang diberikan makhluk ghoib seperti Angels serta Celestials (malaikat-malaikat yang memberikan attunement Reiki) atau Ascended Master. Bahkan para praktisi Reiki baik diluar negeri maupun di Indonesia kerap dalam meditasinya didatangi seberkas cahaya lalu membentuk suatu makhluk lalu mengaku malaikat atau makhluk-makhluk lain dan memberi suatu jenis energi baru yang akhirnya menjadi berkembang menjadi aliran Reiki baru (bisa dilihat pada website-website Reiki di internet).

Beberapa aliran dari sekian banyak aliran reiki yang telah terpecah-pecah, yang dirasa penting untuk diketahui.
• Tradisional Usui Reiki, merupakan Reiki yang berasal dari silsilah Nyonya Hawayo Takata. Bisa dikatakan seluruh Reiki yang berasal dari Nyonya Takata sebagai Tradisional Usui Reiki.
• Raku Kai Reiki, dikembangkan oleh Arthur Robertson murid Iris Ishikuro, dalam prakteknya menggabungkan simbol antahkarana Hindu Budha dan dewa petir, teknik Violet Breath, Hui Yin, simbol Tibetan, ritual O Sui Ching water dan simbol Johrei.
• Radiance Technique™ atau Real Reiki™, dikembangkan oleh Barbara Weber Ray, mengklaim memiliki informasi yang tidak diberikan Nyonya Takata ke Master lain. Aslinya aliran ini terdiri dari 3 level, sekarang berkembang menjadi 6 level.
• Seichim Reiki, ditemukan oleh Patrick Ziegler pada tahun 1980, setelah mendapatkan pengalaman spiritual dalam Great Pyramid di Mesir dan setelah mendapatkan Sufi Empowerment dari seorang Sufi Master yaitu Syeikh Osman Bahrani. Seichim Reiki ini dikembangkan oleh T'om Seaman, Ken Lowry dan Phoenix Summerfield. Bentuk terakhir dari Seichim Reiki yang dikembangkan oleh Patrick Zieglar adalah SHKM.
• Tera Mai Reiki™, dikembangkan oleh Kathleen Milner, berasal dari Raku Kai Reiki, ditambah simbol dan prosedur attunement baru yang didapatkan dari "a higher being" yang dipercaya sebagai Satya Sai Baba.
• Usui-Tibetan Reiki, dipopulerkan oleh William Lee Rand dan Diane Stein, berasal dari Raku Kai Reiki. Terdiri atas empat level, yaitu level 1, 2, 3a dan 3b. Dalam prakteknya menambahkan teknik penggunaan kristal, guides, healing attunement dan simbol Tibetan.
• Vajra Reiki, sebelumnya disebut Johrei Reiki, dikembangkan dari Raku Kai Reiki, menggunakan simbol white light (johrei) sebagai bagian dari praktek dan attunementnya. Johrei aslinya dikembangkan oleh Mokichi Okada yang hidup sejaman dengan Sensei Mikao Usui.
• Tradisional Japanese Reiki, dikembangkan oleh Dave King di Canada. Didasarkan pada informasi yang berasal dari garis silsilah Dr Chujiro Hayashi yang tidak termasuk ke dalam silsilah Nyonya Takata.
• Karuna Reiki™, dikembangkan oleh William Lee Rand. Berasal dari bentuk Tera Mai Reiki™ sebelum aliran tersebut disebut Tera Mai Reiki™. Awalnya Karuna Reiki™ bernama Sai Baba Reiki. Dalam Karuna Reiki™ terdapat registrasi ke pusat, di mana seorang Master bila ingin memberikan sertifikasi untuk Master Karuna Reiki™ baru harus membayarkan sejumlah fee ke pusat. Registrasi disebutkan katanya untuk menjaga agar bentuk Karuna Reiki™ tidak berubah tetap pada bentuk aslinya.
• Karuna Ki, dikembangkan oleh Vincent Amador. Simbol yang digunakan berasal dari Karuna Reiki dan Tera Mai Reiki. Aliran ini merupakan aliran yang bebas dari registrasi, biasanya Master Karuna Reiki pun saat mengajarkan kepada muridnya ada yang mengubahnya menjadi Karuna Ki.
• Neo Zen Reiki, dikembangkan oleh Anand Krishna, merupakan Reiki tradisional Usui yang ditambahkan simbol sanskrit yang didapatkan oleh Anand Krishna.
• gTummo Reiki (sekarang menjadi Innersun Reiki), dikembangkan oleh Jeanne Garner, yang mengalami gejala kebangkitan energi gTummo secara alamiah. Sepertinya gTummo Reiki merupakan gTummo yang di-Reiki-kan, untuk memudahkan dalam mengajarkannya. Awalnya aliran ini bernama gTummo Reiki, sekarang menjadi Innersun Reiki. Tidak diketahui banyak mengenai alasan perubahan nama tersebut.
• Reiki Tummo, dikembangkan oleh Irmasyah Effendi di Indonesia, menyebutkan sebagai Reiki yang berasal dari Tibet dan ilmu tertinggi Lama Tibet. Jadi aliran ini tidak didasarkan pada aliran Reiki tradisional Usui. Dalam prakteknya terdiri dari empat level, yaitu level 1, 2, 3a dan 3b. Untuk level 3b diberikan sangat selektif, bila ada yang meminta level 3b biasanya diberikan level Master Reiki Usui. Aliran ini mengklaim bisa membangkitkan kundalini dengan aman, dan lebih tinggi dari Reiki Usui. Bila diperhatikan merupakan kundalini yang di-Reiki-kan. Simbol yang digunakan sama dengan yang ada di gTummo Reiki, tidak tahu kenapa simbolnya bisa sama.
• Reiki Sufi, dikembangkan oleh Sami Juhani Pajunen dari Finlandia. Aliran ini menggunakan konsep moment sebagai basisnya dan mengakses energi sufistik. Reiki Sufi termasuk aliran Reiki yang berkembang pesat beberapa tahun ini, terutama di Indonesia.
• Kundalini Reiki, dikembangkan oleh Olle Gabrielson. Didasarkan pada hasil chanelling dari Master Kundalini, yaitu Kuthumi. Aliran ini terdiri atas 9 level. Aliran ini mengklaim bisa membangkitkan kundalini dengan aman, pembangkitan kundalini diberikan pada level 2. Saya perhatikan jalur energi yang dibuka untuk tiap attunement adalah sama dengan yang dibuka dalam Reiki Tummo. Saya melihat juga aliran ini sebagai Kundalini yang di-Reiki-kan.

Sebenarnya kalau meneliti sejarah dan cara praktek aliran reiki yang selalu padat dengan simbol-simbol tertentu dan setiap Grand Masternya selalu mendapatkan inisiasi dan simbol baru pada dasarnya ujung dari semua aliran reiki akan bertemu pada satu aliran reiki yang bernama reiki kundalini kuno yang tradisi aslinya terdapat dalam ajaran agama Hindu.Dalam ajaran Hindu menyebut Shyit dan meyakini bahwa kundalini adalah ular naga api.Kalau mengusut tuntas ajaran reiki kundalini kuno kita akan sampai pada akarnya yang berada pada bangsa Babilonia(Babel).Dimana menurut kitab-kitab terdahulu didaerah ini tempat jatuhnya para malaikat yang diusir dari surga yang sepertiga malaikat yang jatuh keseluruhannya mengikuti iblis yang membangkang.Semasa penyerangan bangsa Arya ke Babilonia menyebut dewa Adonai(tuhan).Sisa-sisa peninggalan peradaban bangsa Babilonia diusung ke Hindustan.Tanah Hindustan pun mendapatkan permusuhan dari bangsa Arya dan bangsa Arya memperkenalkan nama Syihwan yang kemudian hari disebut Dewa Shiwa.Dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqoroh:102 disebutkan dua malaikat dinegeri Babil yaitu Malaikat Harut dan Malaikat Marut.Sedangkan nabi Muhammad SAW melarang menggunakan do’a dan ajaran malaikat Harut dan malaikat Marut karena hal itu akan dimurkai oleh Allah SWT.Mengenai larangan Rasulullah ini silakan membuka “KITAB AL QAUL AL MUUSADDAD FI ADZ DZUBB’AN MUSNAD AHMAD”.
Para malaikat yang jatuh yang dahulu rupanya bagus kemudian berubah menjadi buruk(disebut Jin).Mereka mengajarkan beberapa rahasia langit.Sampai akhirnya Allah membatasi dan membuat penjagaan yang ketat diseluruh penjuru langit.Barangsiapa dari malaikat yang jatuh tersebut mencoba mencuri berita dilangit mereka dilempari dengan suluh(panah)api yang membakar dengan cepat.
“dan sesungguhnya kami telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api,dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang barang siapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya).Dan sesungguhnya kami tidak mengetahui (dengan adanya penjagaan itu) apakah keburukan yang dikehendaki bagi orang yang di bumi ataukah Tuhan mereka menghendaki kebaikan bagi mereka”.(QS.Al-Jin:8-10)

Sejak saat itu jalur reiki sudah terputus dan tidak mengetahui jalur antahkarana(jalur penghubung)kepada tingkat diatasnya yang lebih tinggi lagi.Dari pengakuan master-master reiki mereka memang ditemui makhluk ular api yg beraneka jenis.Dan kebanyakan metode pelatihan dalam jenis-jenis reiki tersebut hanya mengaktifkan jalur panas saja.Hanya sebagian saja yang mulai dapat menggali jalur dingin,namun belum maksimal.
Sedangkan ilmu Peluruh Karang mengambil jalur dari apa yang diajarkan oleh Malaikat Jibril as yang bersumber pada Al-Qur’an dan do’a dalam Al-Hadist yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW.Do’a-do’a dan ajaran Peluruh Karang termasyur dalam 40 macam thoriqoh yang bersanad pada Sayyidina Ali Bin Abi Tholib Kw,dan satu thoriqoh yang bersanad pada Sayyidina Abu Bakar ra.Metode-metode pelatihannya menyeimbangkan kesemua jalur panas dan jalur dingin.

Wallahu ‘alam.